Berkas yang Disiapkan untuk Persyaratan Melamar Kerja

Berkas yang disiapkan untuk melamar kerja di perusahaan. Ada beberapa berkasharus kita lengkapi sebagai syarat untuk melamar kerja di perusahaan. Semakin lengkap berkas yang kita sertakan dalam lamaran kerja akan semakin baik. Berikut berkas-berkas yang disiapkan untuk membuat surat lamaran kerja, yaitu:

Berkas yang Disiapkan untuk Persyaratan Melamar Kerja


Surat Permohonan Kerja
Merupakan dokumen utama dalam berkas lamaran kerja. Surat ini berisi maksud dan tujuan pemohon untuk bekerja pada posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan. Surat lamaran kerja dapat ditulis tangan atau ditulis tangan sesuai dengan persyaratan perusahaan. Lalu bagaimana cara membuat surat permohonan kerja yang baik?Selengkapnya.

Daftar Riwayat Hidup
Daftar Riwayat Hidup berisi informasi pemohon kerja yang meliputi data pribadi, latar belakang pendidikan, ketrampilan, pengalaman organisasi, dan pengalaman kerja. Lalu bagaimana cara membuat Daftar Riwayat Hidup yang baik? Selengkapnya.

Fotocopy KTP
Foto copy KTP wajib dilampirkan dalam berkas lamaran kerja. berapa banyak foto copy KTP tergantung syarat yang dibuat oleh perusahaan. Selain KTP, perusahaan biasanya juga meminta melampirkan foto copy SIM. Jadi persiapkan foto copy SIM untuk berjaga-jaga kalau perusahaan meminta melampirkan foto copy SIM.

Pas Photo
Untuk ukuran pasphoto Anda bisa menggunakan ukuran 3x4 atau 4x6 dengan memakai kemeja putih atau warna lain (jangan memakai kaos). Dan ukuran 4r untuk full body dengan memakai kemeja putih atau warna lain (polos), berdasi, celana kain (no jeans), sepatu pantovel, dan jas (jika ada).

Untuk jumlah pasphoto sebanyak 2 lembar dan umumnya memakai ukuran 4x6. Dan untuk pasphoto full body biasanya digunakan untuk melamar kerja di Bank dan lembaga pemerintahan. Dan ukurannya bisa lebih besar dari 4r tergantung permintaan perusahaan.

Fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai
Untuk melampirkan Foto copy Ijazah dan Transkrip Nilai sebaiknya yang sudah dilegalisir oleh lembaga pendidikan terkait. Bagi Anda baru lulus pendidikan dan belum mendapat ijazah asli, maka anda dapat menggunakan surat keterangan lulus (SKL) dan transkrip nilai yang dilegalisir.

Sertifikat Pelatihan/Kursus
Sertifikat pelatihan atau kursus merupakan dokumen yang menyatakan bahwa seseorang telah melakukan pelatihan lebih mendalam pada bidang yang di pelajarinya, seperti kursus komputer, kursus bahasa inggris, dan sebagainya. Setifikat ini merupakan dokumen pendukung yang harus dilampirkan untuk menambah nilai si pemohon kerja kepada perekrut kerja.

SKCK
Surat Keterangan Catatan Kepolisian merupakan surat keterangan yang diterbitkan oleh PORLI yang menyatakan bahwa pihak pemohon tidak pernah terlibat dalam kasus pidana hukum apapun. Untuk mengurus SKCK di Polsek atau Polres di wilayah Anda tinggal.
Baca : Cara membuat SKCK

Kartu Kuning (AK/1)
Kartu Kuning merupakan dokumen yang digunakan oleh seorang pencari kerja untuk melamar pekerjaan yang akan dituju. Kartu kuning adalah tanda pengenal pencari kerja yang melamar pekerjaan di perusahaan atau lembaga. Tempt untuk membuat kartu kuning di Depnaker/Dinaskertrans terdekat. Untuk membuat kartu kuning dapat dilakukan secara gratis.
Baca : Cara membuat kartu kuning

Surat Keterangan Sehat
Untuk mendapatkan surat keterangan sehat, kita dapat memperolehnya di pukesmas atau rumah sakit. Surat ini memberikan informasi tentang kesehatan pelamar kerja, seperti berat badan, golongan darah, tensi darah, dan sebagainya. Selain surat keterangan sehat, ada beberapa perusahan yang meminta melampirkan surat keterangan tes narkoba dalam berkas lamaran kerja.

Surat Keterangan Kerja
Bagi Anda yang memiliki pengalaman kerja dapat melampirkan foto copy sertifikat kerja dalam surat lamaran kerja. Untuk dapat memiliki surat pengalaman kerja pastinya anda harus meminta sertifikat tersebut ketika Anda berhenti berkerja di perusahaan. Surat keterangan kerja merupakan bukti formal seseorang pernah bekerja di perusahaan atau lembaga lain.

Demikian pembahasan mengenaiBerkas yang Disiapkan untuk Persyaratan Melamar Kerja.Semoga dapat bermanfaat bagi Anda dan dapat digunakan sebagai referensi untuk membuat surat lamaran kerja yang lebih baik dan lengkap. Salam Sukses.....


Populer post

Contoh Surat tanggung jawab Orang Tua atau Wali

Cara membuat Daftar Riwayat Hidup dan Curriculum Vitae

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Bursa Kerja atau Job Fair bagi Fresh Graduate

Admin Collection

Surat Lamaran Kerja Pegawai Desa

Harga Xiaomi Redmi 5 terbaru

Surat Lamaran Kerja yang Benar

Job Fair Berbayar? Benarkah

Surat Lamaran Kerja Sederhana