cara membuat contact form atau contact us di blogger



Bagaimana cara membuat contact form atau contact us di blogger. Contact us merupakan bagian yang penting dalam sebuah blog yang berfungsi sebagai media komunikasi tertulis antara pemilik blog dan pengunjung blog yang bersifat personal. Sebenarnya tanpa ada contact us pengunjung sudah bisa bertanya melalui kolom komentar di setiap artikel postingan. Namun, untuk memberi kenyamanan privasi kepada pengunjung yang ingin bertanya secara pribadi maka contact us sangat diperlukan.

Contact us merupakan widget yang sangat penting untuk wadah sharing pendapat yang bersifat privasi. Contact us memiliki nama yang berbeda-beda di setiap website maupun blog, seperti Contact Us, Hubungi Kami, Kontak Kami, dan sebagainya

Di nulisblogs form ini, kami menyebut layanan contact us. Dengan menggunakan form contact us, kita mendapat keuntungan yang sangat baik untuk kemajuan blog, yaitu:

  • Pengunjung dapat menyampaikan pertanyaan dari artikel yang mereka sedang baca atau yang disajikan di blog. Bila kita bisa menjawab setiap pertanyaan dari pengunjung maka pengunjung akan merasa senang dan sering mengunjungi blog kita.
  • Pengunjung dapat memberikan kritik dan saran mengenai  blog kita. Dengan adanya kritik dan saran dari pengunjung kita bisa mengetahui artikel seperti apa yang di inginkan pengunjung dan kita dapat memperbaiki blog lebih baik lagi demi kenyamanan pengunjung.
  • Layanan contact us merupakan widget yang wajib dipasang di website atau blog untuk mendapat persetujuan dari Google Adsenve.

Namun ada dampak negatif bila kita menggunakan form ini, yaitu: pengunjung yang menyalahgunakan form ini untuk mengirim pesan tak penting seperti spam dan kata-kata negatif yang bisa membuat anda marah. Berikut contah format layanan form contact us yang ada di NulisBlogs.

Lalu bagaimana cara membuat form layanan contact us untuk blog sobat. Layanan bisa sobat buat sendiri bila sobat menguasai script html. Namun sobat jangan kuatir bila tidak bisa menggunakan script html. Sobat bisa memanfaatkan penyedia layanan form contact pihak ketika secara gratis. Ada banyak sekali penyedia layanan form contact us yang bisa sobat pakai salah satunya adalah 123contactform. Berikut langkah-langkah untuk membuat layanan form contact us melaui situs tersebut secara gratis.


1. Silakan kunjungi website 123contactform.com

2. Tekan Sign For Free untuk memulai membuat layanan secara gratis

3. Ada beberapa pilihan pendaftaran untuk membuat layanan form contact us. Sobat pilih saja yang BASIC  karena layanan secara GRATIS.

4. Setelah itu maka akan muncul form formulir pendaftaran yang harus diisi dengan email dan password Sobat.Sesudah sobat mengisi formulir pendaftaran silakan tekan create untuk memulai membuat widget. Setelah itu maka akan muncul perintah untuk memilih layanan apa yang anda ingin buat. Sobat pilih saja contact & lead form untuk memulai membuat contact us 

 cara membuat contact us
5. Setelah Sobat memilih contact & lead form, Sobat akan diminta untuk membuat nama form yang akan anda buat seperti contact us, hubungi kami, kontak kami, dan sebagainya. 



cara membuat contact us





6. Kemudian klik Ok. Lalu anda akan disuruh untuk mengedit form contact us sesuai dengan keinginan Sobat. Silakan edit form tersebut dengan memanfaat fitur yang sudah disediakan disebelah kiri form, jika sudah selesai klik continue untuk langkah selanjutnya. 


cara membuat contact us 






7. Langkah selanjutnya adalah melakukan notifikasi email. Jika sudah melakukan pengaturan notifikasi email, silakan save lalu tekan continue 

 8.  Langkah terakhir, silakan Sobat pilih tampilan untuk blogger dan copas code script HTML contact us formnya.  Kemudian paste ke blogger Sobat dengan membuat sebuah laman baru. Masuk ke blogger Sobat pilih laman baru dan pilih mode HTML. Lalu paste Scriptnya dan beri judul sesuai dengan form yang anda buat lalu klik perbarui. Selesai  

9. Dan saatnya menguji apakah form tersebut berfungsi atau tidak.

-        
Namun, dalam laman tersebut masih ada kotak komentar  bila sobat ingin menghilangkan silakan klik menu pilihan/setting yang ada disamping kanan. Pada pilihan komentar silakan centang “jangan bolehkan, sembunyikan yang ada” lalu tekan selesai. 

Demikianlah cara membuat form Contact Us, Hubungi Kami, dan Kontak Kami di Blogger. Semoga bisa bermanfaat bagi Sobat yang ingin menambah widget ini pada blog dan bagi pembaca setia NulisBlogs.


Populer post

Contoh Surat tanggung jawab Orang Tua atau Wali

Jadwal Job Fair Bulan November 2017

Account Executive

Surat Lamaran Kerja Sederhana

Harga Xiaomi Mi 5s Plus Terbaru

Job Fair Berbayar? Benarkah

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Bursa Kerja atau Job Fair bagi Fresh Graduate

Cara Menghilangkan Nama Blog Di Depan Judul Artikel Postingan

Jadwal Job Fair Bulan Oktober Tahun 2017